Kamis, 29 September 2016

Perikanan Jurusanku

banner
Program Studi Perikanan merupakan salah satu jurusan yang dimiliki oleh Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Jurusan ini di buka pada tahun 1995 dengan status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 160/DIKN/Kep/1995. Saat ini, jurusan Perikanan memiliki 1 Program Studi yaitu Program Studi Budidaya Perairan. Dalam perjalanannya, jurusan Perikanan terus mengalami perkembangan pesat dan pada tahun 2000 jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang telah memperoleh status Terakreditasi dengan nilai baik (B), begitu pula pada tahun 2006 juga “Terakreditasi” dengan nilai baik (B). Sedangkan pada tahun 2011-2016 telah Terakreditasi sangat baik (A).
PROGRAM PENDIDIKAN JURUSAN PERIKANAN
Kurikulum pendidikan yang ditawarkan oleh jurusan Perikanan berdasarkan hasil pemikiran yang professional dan fleksibel dengan mengikuti perkembangan IPTEKS dan melibatkan Stake Holder di bidang Perikanan. Program pendidikan di jurusan ini dapat ditempuh dengan lama studi kurang lebih 4 tahun (7-9 semester). Sasaran pendidikan yang ingin dicapai dari Jurusan Perikanan adalah : Pengembangan Budidaya Perairan baik tawar, payau, dan laut yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta pengelolaan kawasan pesisir yang terintegrasi dan berwawasan lingkungan.
Bidang keilmuan yang diselenggarakan Program Studi Perikanan meliputi :
  • Budidaya Perairan Tawar
  • Budidaya Peraipan Bahari
  • Budidaya Pakan Alami
  • Genetika Ikan
  • Ilmu Tanah
  • Manajemen Produksi Pembenihan
  • Bioteknilogi Perikanan
  • Manajemen Pemberian Pakan Ikan
  • Aquaculture Engineering
  • Parasit dan Penyakt Hewan
  • Fisiologi Hewan Air
Jurusan Perikanan telah dilengkapi dengan fasilitas Laboratorium yang sangat reprentatif, antara lain :
  1. Laboratorium Dasar
    - Lab. Biologi
    - Lab. Fisika
    - Lab. Kimia
    - Lab. Bioteknologi
  2. Laboratorium Keahlian
    - Lab. Pembenihan Ikan
    - Lab. Nutrisi dan Pakan Alami
    - Lab. Kualitas Air
    - Lab. Mikrobiologi dan Penyakit Ikan
    -Lab. Pengolahan hasil Perikanan
  3. Kolam Percobaan (Indoor dan Outdoor)
    - Kolam Budidaya Ikan Konsumsi
    - Kolam Budidaya Ikan Hias
  4. Laboratorium Lapang
    Praktikum di Lab. Lapang dilakukan untuk mata kuliah : Biologi Laut, Ekologi Perairan, Avertebrata Air, Osenografi, dan Eksplorasi Sumberdaya Perairan.
  5. Laboratorium Komputer
    Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan administrasi secara tepat, cepat, dan baik, serta untuk meningkatkan kinerja penelitian dan ketrampilan mahasiswa menggunakan computer, UMM telah dilengkapi dengan Laboratorium computer, dengan lebih dari 100 PC.
  6. Laboratorium Bahasa
    Laboratorium Bahasa (Language Laboratory), disediakan sebagai sarana belajar mengajar yang lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Laboratorium Bahasa sangat membantu mahasiswa dalam menguasai bahasa target (Target Language), baik secara aktif maupun pasif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar